cover
Contact Name
Sri Suryanti
Contact Email
srisuryanti@umg.ac.id
Phone
+6281280297873
Journal Mail Official
didaktika@umg.ac.id
Editorial Address
Faculty Teacher Tranining and Education, Universitas Muhammadiyah Gresik Jl. Sumatera No. 101 GKB Kebomas Gresik Provinsi Jawa Timur
Location
Kab. gresik,
Jawa timur
INDONESIA
Didaktika: Jurnal Pemikiran Pendidikan
ISSN : 16934318     EISSN : 26218941     DOI : http://dx.doi.org/10.30587/didaktika
Core Subject : Education,
didaktika Jurnal Pemikiran Pendidikan memuat hasil penelitian dibidang pendidikan, baik pendidikan matematika, pendidikan bahasa inggris maupun pendidikan dasar
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 25 No 2 (2019)" : 5 Documents clear
MATHEMATICS LITERACY MOBILE LEARNING APPLICATION: Pengembangan Bahan Ajar Literasi Matematika Berbasis Android Fatimatul Khikmiyah; Putri Aisyiyah Rakhma D
DIDAKTIKA Vol 25 No 2 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (377.854 KB) | DOI: 10.30587/didaktika.v25i2.881

Abstract

Dalam pembelajaran matematika, teknologi merupakan hal yang pokok karena teknologi mempengaruhi bagaimana matematika itu akan diajarkan dan sangat bermanfaat dalam memfasilitasi peserta didik dalam belajar. NCTM (2002) “Technology is essential part in teaching and learning mathematics; it influences the Mathematics that is taught and enhances students’ learning”. Literasi merupakan salah satu unsur yang dinilai dalam Programme for International Student Assessment (PISA) yang meliputi literasi matematika, literasi sains, literasi keuangan, literasi bahasa. Data terbaru PISA masih belum menggembirakan. Siswa Indonesia hanya mampu menjawab soal dalam kategori rendah dan sedikit sekali yang dapat menjawab soal yang menuntut pemikiran tingkat tinggi. Dalam penelitian ini digunakan penelitian pengembangan model Hannafin & Peck meliputi tiga fase, yaitu yaitu analisis kebutuhan (Need Assessment), fase desain (Design), serta fase pengembangan dan implementasi (Develop and Implement). Pada tahap analisis kebutuhan dilakukan analisis terhadap kurikulum yang berlaku di sekolah, mengidentifikasi karakteristik peserta didik dan analisis materi. Peserta didik usia SMP sangat akrab dengan telepon genggam (Handphone) meskipun mereka dilarang membawanya ke sekolah. Dengan adanya buku ajar dalam bentuk aplikasi berbasis android maka peserta didik memiliki kesempatan yang luas untuk belajar matematika tanpa batas ruang dan waktu. Gaya belajar peserta didik yang dominan adalah gaya belajar visual. Peserta didik dengan gaya belajar ini menyukai belajar dengan tulisan, tabel, gambar dan bentuk lain dalam visualisasi. Oleh karena itu, dalam pengembangannya bahan ajar literasi matematika akan memadukan tulisan dan gambar dengan animasi sehingga mengakomodir kebutuhan peserta didik. Hasil analisis yang diperoleh pada fase sebelumnya kemudian diterjemahkan dalam bentuk story board. Dokumen story board dalam penelitian ini terdiri atas diagram alur aplikasi, rancangan tampilan, kisi-kisi tes formatif, dan instrumen tes formatif. Pada tahap pengembangan dihasilkan Aplikasi buku ajar literasi matematika berbasis adnroid yang disebut Draft 1. Berdasarkan hasil analisis penilaian ahli dan uji coba terbatas, pengembangan bahan ajar literasi matematika berbasis Android ini memenuhi kategori praktis dan efektif.
EFEK PENGGUNAAN SOFTWARE GEOGEBRA PADA PADA PEMAHAMAN KONSEP DITINJAU DARI GAYA BELAJAR Syaiful Huda; Fatimatul Khikmiyah
DIDAKTIKA Vol 25 No 2 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (384.518 KB) | DOI: 10.30587/didaktika.v25i2.882

Abstract

Sifat dari mata kuliah kapita selekta matematika yang merupakan mata kuliah dengan pengayaan pada matematika sekolah menengah atas, diperlukan sesuatu yang lebih bisa digunakan untuk membantu pemahaman mahasiswa. Teknologi informasi dan komunikasi juga dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Menurut Hohenwarter (2008), Geogebra adalah software yang digunakan untuk pembelajaran matematika, khususnya geometri dan aljabar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efek dari penggunaan software Geogebra pada pemahaman konsep dalam mata kuliah kapita selekta matematika atas ditinjau dari gaya belajar. Metode yang digunakan adalah pretest-intervention-posttest.Hasil yang diperoleh adalah untuk gaya belajar kinestetik terdapat efek berdasarkan uji t yang dilakukan . Sedangkan untuk gaya belajar Visual tidka ada efek, hal tersebut didasarkan pada uji t yang dilakukan yaitu . Untuk gaya belajar Auditori tidak dapat dilakukan uji-t karena hanya satu nilai (datum).
Pengembangan Teori Ring Mobile Application (Terima App): Media pembelajaran berbasis android untuk meningkatkan aksesibilitas pembelajaran Teori Ring Sri Suryanti; Deni Sutaji
DIDAKTIKA Vol 25 No 2 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (563.565 KB) | DOI: 10.30587/didaktika.v25i2.883

Abstract

Pengembangan aplikasi berbasis android sangat berkembang pesat akhir-akhir ini, lebih dari 96% masyarakat Indonesia menggunakan smartphone android. Sedangkan di dunia, lebih dari 80% dari 104 negara menunjukkan bahwa kaum muda menggunakan smartphone android. Permasalahan pembelajaran Aljabar abstrak di Indonesia adalah kurangnya media pembelajaran untuk bidang aljabar abstrak, yang salah satunya adalah Teori Ring. Media pembelajaran untuk mata kuliah Teori Ring selama ini masih sangat terbatas. Dalam penelitian ini, kami mengembangkan Teori Ring Mobile Application yang merupakan media pembelajaran Teori Ring berbasis android. Hasil validasi media yang dilakukan dalam tiga tahapan yaitu validasi ahli materi, validasi ahli media, dan validasi oleh pengguna, keseluruhan menunjukkan hasil yang positif. Selanjutnya kontribusi media ini dalam meningkatkan aksesibilitas pembelajaran dapat disimpulkan bahwa media ini memiliki tingkat aksesibilitas yang tinggi.
Pendampingan Implementasi Lesson Study Sebagai Upaya meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru di SD Muhammadiyah 2 Gresik Ismail marzuki
DIDAKTIKA Vol 25 No 2 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (311.67 KB) | DOI: 10.30587/didaktika.v25i2.884

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui respon guru dan peserta didik terhadap implementasi kegiatan lesson study yang diadakan di sekolahnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yaitu penelitian untuk mendapatkan informasi secara mendalam tentang keadaan subjek penelitian. Pada penelitian ini peneliti akan mencermati implementasi lesson study yang dilaksanakan di SD Muhammadiyah 2 Gresik dan menggambarkan subjek penelitian secara “apa adanya”. Sumber data penelitian adalah proses kegiatan implementasi lesson study serta dokumen-dokumen yang terkait dengannya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, interview, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis penelitian kualitatif model yang dikembangkan oleh Miles dan Hubermen. Kegiatannya ada tiga yaitu (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan/verifikasi yang ketiganya dilakukan secara bersamaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat respon positif dari para guru dan peserta didik terhadap penerapan lesson study di sekolahnya. Respon tersebut diikuti denganperubahan positif lainnya yaitu para guru telah mampu membuat lesson design, melaksanakan lesson design, melakukan penilaian, dan melakukan refleksi pembelajaran, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendampingan Tim dosen PGSD dalam implementasi lesson study di SD muhammadiyah 2 Gresik telah mampu meningkatan kualitas pembelajaran guru di sana.
PENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL BELAJAR KOLABORATIF DENGAN STRATEGI PERMAINAN MONOPOLI PADA MATERI UANG DAN BANK DI KELAS IX-A SMPN 3 BALONGPANGGANG Anis Sa’adah
DIDAKTIKA Vol 25 No 2 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (504.833 KB) | DOI: 10.30587/didaktika.v25i2.880

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada materi uang dan bank melalui permainan monopoli. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan (action research) dengan subjek penelitian peserta didik kelas IX A SMPN 3 Balongpanggang. Fokus penelitian ini adalah keaktifan peserta didik dalam hal mendengarkan, berpendapat, menanggapi, dan bertanya. Indikator yang ditetapkan adalah 70 % peserta didik mendengarkan/memperhatikan pada saat proses belajar, berani berpendapat, dapat menanggapi, dan berani bertanya. Selain keaktifan penelitian ini juga ingin meningkatkan hasil belajar peserta didik, indikatornya adalah 85 % peserta didik mampu mencapai nilai KKM yang ditetapkan yaitu 75. Apabila indikator itu tercapai maka tindakan yang diterapkan dianggap berhasil. Penelitian dilakukan dengan model siklus yang masing-masing siklus ada 2 pertemuan dan setiap pertemuan ada 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keaktifan belajar peserta didik setelah diterapkan model belajar kolaboratif melalui strategi permainan monopoli ini. Pada siklus I keaktifan peserta didik rata-rata 71% sedangkan pada siklus II rata-rata 87%. Hal ini berarti telah terjadi peningkatan pada keaktifan belajar peserta didik pada saat belajar. Hasil belajar peserta didik juga meningkat pada siklus I rata-rata ketuntasan individu 77,1% menjadi 80,1% pada siklus II dan ketuntasan klasikal pada siklus I dari 62 % menjadi 82,7% pada siklus II. Hal ini berarti juga ada peningkatan dalam capaian hasil belajar peserta didik.Kata kunci : Keaktifan, hasil belajar, kolaboratif, monopoli

Page 1 of 1 | Total Record : 5